Manfaat Kurma


Assalamu’alaikum Wr. Wb.


Bapak dan Ibu, Mengingat begitu manfaatnya kurma dalam kehidupan kita, dalam kesempatan ini izinkan kami menginformasikan manfaat kurma Muda Ruthob / Kurma Basah dan Kurma Nabi / Azwa dalam segala kehidupan kita, yang tentunya salah satu manfaat terbesar adalah untuk kesehatan kita, di antaranya :


A.      KHASIAT KURMA RUTHOB MUDA
 ( Warna Kuning dan Warna  Merah )

1.     Khasiat Kurma Muda Ruthob warna kuning
Untuk anda yang belum mendapatkan Anak  / keturunan, dan bagi mereka yang ingin agar hidup sehat mari kita konsumsi kurma muda ruthob ( Warna Kuning )  Ruthab juga adalah makanan yang kaya sekali dengan unsur-unsur kalsium dan besi. Oleh karena itu, Allah SWT menganugerahkannya untuk para wanita yang sedang nifas. Sebagaimana Allah SWT telah memerintahkan ibuda Maryam, al-‘Azra, untuk memakannya pada saat nifas, karena kedua unsur penting seperti besi dan kalsium ada dalam ruthab ini dengan kadar yang cukup.

Ruthab ini pun penting untuk memproduksi susu dan bayi yang menyusu, mengingat ia dapat mengganti zat-zat yang hilang dalam tubuh ibu ketika  melahirkan atau ketika menyusui.

Besi dan kalsium juga merupakan unsur penting bagi pertumbuhan anak yang sedang menyusui karena keduanya merupakan unsur yang paling menentukan dalam pembentukkan darah, sumsusm tulang belakang dan tulang.

Untuk Kesuburan Pria atau Vitalitas pria Konsumsi kurma Muda ruthob warna merah secara continu, Insya Allah apabila baik istri dan suami  sudah mengkonsumsi  secara bersama, Insya Allah semoga apa yang menjadi hajat kita Allah Kabulkan. Amin Ya Rabb.
                                

B.           KHASIAT KURMA AZWA

2.     Khasiat Kurma Nabi / Kurma Ajwah

              Qola rasulullah shollahu ‘alaihi 
              wasallam :

“man tashabbaha kulla yaumin sab’a tamaraatin ‘ajwatan lam yadhurrahu fii dzalikal yaumi summun walaa sihrun”.
 (shohiihul bukhaari)

Sabda Rasulullah SAW :

“Barang siapa yang makan pagi dengan tujuh butir kurma Ajwah, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir dihari itu”.
 (Riwayat Shahih Al-Bukhari)

Hadits ini menjelaskan tentang keutamaan sunnah memakan buah kurma ajwah di pagi hari. Buah kurma sebagaimana di ketahui memang mempunyai khasiat tertentu untuk pengobatan, seperti untuk meningkatkan kadar gula darah, kemudian katanya juga bisa untuk mengobati katarak pada mata dengan memakan paling sedikit 3 buah kurma selama beberapa bulan.

Pada hadits diatas dikatakan kurma ajwah  (yaitu kurma yang ditanam langsung oleh rasulullah saw di madinah), jadi bukan kurma yang biasa. Kurma ini bentuknya tidak lebih besar dari kurma yang lainnya, biasanya hanya setengah ibu jari kita, warnanya lebih hitam dari kurma yang lain, ada juga yang menyebutnya kurma Nabi, karena memang ditanam langsung oleh Rasulullah.

Hadits ini menjelaskan bahwa kurma ajwah bisa untuk menangkal racun dan sihir, mungkin karena kandungan yang ada di dalam kurma ini yang menyebabkan bisa untuk menetralisir racun, karena itulah nabi menganjurkannya memakan 7 buah di pagi hari. Lalu kenapa bisa untuk menangkal sihir, ini menjelaskan bahwa kurma ini membawa keberkahan bagi yang memakannya, di sebabkan Nabi saw sendiri yang menanamnya, bibit dari kurma ini telah bersentuhan dengan tangan baginda Nabi saw yang mulia, yang memang membawa keberkahan, karena itulah kurma ini bisa menangkal sihir.

Pohon kurma ajwah ini masih ada di madinah sampai sekarang, jadi sudah lebih dari 14 abad atau 1429 tahun sejak pertama kali di tanam oleh rasulullah saw, jumlahnya hanya sekitar seratusan pohon.

mengingat khasiatnya kurma Ruthob muda ini dan Kurma Ajwah / Kurma Rasul ini., jangan lupa untuk mengkonsumsinya, berdoa sebelum memakannya, semoga Allah memberikan kita keturunan Anak - anak yang soleh dan soleha, dan Allah menjaga kita.
 Amin Ya Rabbal Alamin.



C.   KHASIAT  SERBUK KURMA MUDA  

3. Serbuk Kurma, Powder Datse Lollen
 
Meningkatkan Kesuburan, Obat Kemandulan, Penambah Hormon .
Serbuk pucuk bunga kurma beraroma 100% persis/ mirip dengan cairan sperma kaum laki-laki. Serbuk bunga kurma ini disortir dari pucuk-pucuk bunga kurma pilihan di perkebunan kurma Madinah....


TERAPI KESUBURAN ALA TIMUR TENGAH
KURMA MUDA sudah dikenal oleh masyarakat Timur Tengah secara turun temurun bermanfat untuk MENINGKATKAN KESUBURAN. Di Indonesia juga sudah banyak yang membuktikannya dan pada berhasil -bi-izdnillah- untuk mempunyai anak setelah lama menanti kehadirannya. Di Indonesia produk ini masih jarang maka untuk mendapatkannya biasanya dengan cara menitipkannya kepada mereka yang berangkat haji atau umroh. Atau bisa memesan di Alif Korma di telpon 021-36227122,  0818.07728022


Informasi Produk :
Produksi : Al-Adhabiyah
Berat : 20 gr
Dikemas : Arab Saudi
To Be Kept In Normal Temperature Or Mixed With Honey
(Simpan dalam temperature normal. Minum Dengan dicampur Madu)








KHASIAT:
Serbuk Kurma Insya Allah dipercaya manjur bisa mengatasi:

* Kemandulan bagi suami istri.
* Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma.
* Menambah keharmonisan pasutri


CARA MINUM UNTUK ISTRI :
  • Ambil 1 sendok teh Serbuk Pucuk Bunga Kurma
  • Ambil 1 sendok makan madu
  • Aduk hingga rata selama 3 menit
  • Masukan sedikit demi sedikit air hangat seukuran 1/4 gelas kecil atau susu murni hangat sambil diaduk - aduk sampai benar - benar rata hingga jadi ramuan 30 ml
  • Minumlah oleh Pasutri 3 atau 4 jam sebelum berhubungan suami - istri ( Seks ) atau Minumnya 1 kali sehari di malam hari sebelum tidur.
  • Jangan lupa didahului do'a meminta hanya kepada Allah SWT saja dengan sungguh - sungguh, Qs, As Su'aara ayat 80, artinya : dan apabila aku sakit maka Allah-lah yang menyembuhkan.
  • Kemudian berdo'a : ROBBI HABLII MINAS-SHOLiHIIN - (Ya Allah Berilah aku keturunan yang Sholeh) 3 X.
  • Cara minum ini dilakukan pada MASA SUBUR dan Sebelum Berhubungan

ANJURAN UNTUK SUAMI :
  • Tidak hanya mengkonsumsi Serbuk kurma muda saja, juga dianjurkan untuk
  • SERING-SERING MAKAN - MAKANAN YANG BERGIZI DAN MENINGKATKAN KESUBURAN :
  • TAUGE, TELUR AYAM KAMPUNG, MADU. Dan buah Semangka
  • RUTIN OLAH RAGA SEMINGGU 3 X
  • KONSULTASI DENGAN DOKTER
  • SEBELUM BERHUBUNGAN : Bacalah doa : " ROBBI HABLII MINAS-SHOLIHIIN - (Ya Allah Berilah aku keturunan yang Sholeh) 3 X.
  • Jauhi sejauh - jauhnya kemusyrikan atau meminta selain kepada Allah SWT.
  • “Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'aala memberikan dzuriyaat yang sholeh/sholehah sehat dan cerdas”, Amin ya Rabbal Alamin.
 
oleh karena itu cobalah datang atau telpon langsung ke Alif Korma, alif korma menyediakan kurma Ruthob basah ini... ( warna hijau, kuning atau merah ) & Kurma Nabi, buruan ya,,, stoknya terbatas takut bagi yang tidak telpon tidak kebagian, Insya Allah ALIF KORMA bisa membantu menyediakan kebutuhan kurma anda......

ALIF KORMA
Jalan Nusa Indah 7 /1 No.16 Rt.011 Rw. 03 Perumnas Klender, Jakarta timur 13460.

  • Telpon :  021-36227122
  • Handphone : 0818.077.28022, 0858.852.69550
  • Pin BB : 3212C874 
  • Website : http://www.alif-korma.web.id
  • Blog : http://www.alifkorma.blogspot.com
  • pesan via email : info@alif-korma.web.id
  • Pesan via email : info.alif_korma@yahoo.co.id
  • Pesan via Yahoo Messenger : alif.korma@yahoo.com
  • Facebook & Twitter :  alif.korma@gmail.com

          Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


          ====================================================================


Manfaat Kurma II


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bapak dan Ibu,
 
Kurma adalah sejenis tumbuhan (Palma) atau dikenali dalam bahasa saintifiknya sebagai Phonex dactylifera yang berbuah dan boleh dimakan sama ada yang masak atau yang mentah. Kebanyakan pokok kurma tumbuh di negara-negara Arab dan mempunyai berbagai-bagai jenis. Antara kurma yang terkenal ialah kurma Mekkah dan Madinah yang dikatakan mempunyai berpuluh-puluh jenis. Dikalangan penduduk di negara-negara Arab kurma adalah makanan utama mereka, malah dikalangan orang kita juga kurma sudah menjadi bahan makanan yang digemari. Selain rasanya yang manis dan tahan lama serta tidak perlu dimasak, kurma juga mempunyai khasiat yang banyak dan menjadi makanan utama Baginda Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam.

KELEBIHAN KURMA BERDASARKAN AL-QURAN DAN AS-SUNNAH

Diriwayatkan daripada Abdullah bin Jaafar katanya : "Aku melihat Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam memakan buah-buahan dengan kurma masak.


"Diceritakan oleh Jumaah bin Abdullah yang disampaikan oleh Marwan yang mendapat berita daripada Ibnu Hashim bahawa Amir bin Saad mendengar bapanya meriwayatkan Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam bersabda : "Sesiapa yang memakan 7 biji tamar ajwah dia akan terkawal daripada kejutan syaitan dan sihir pada hari itu".


Khasiat kurma "Ajwah" sebagaimana yang tersebut di dalam hadis di atas merupakan satu kelebihan yang dikurniakan Allah Subhanahu Wataala sesuai dengan kemuliannya sebagai jenis kurma pertama yang ditanam sendiri oleh Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam.



Terdapat juga di dalam al-Quran ayat yang menyatakan tentang kelebihan buah kurma ini, yang dialami oleh Sayydatuna Maryam ketika beliau mengandung Nabi Isa alaihi Salam sebagaimana tersebut di dalam surah Maryam ayat 25 :


 "Dan gocangkan batang kurma itu kepadanya, nanti ia gugurkan atasmu kurma yang masak.
Ayat di atas menjelaskan tentang khasiat buah kurma kepada kaum wanita yang sedang dalam nifas, bila mana Allah memerintahkan Maryam memakannya sedang beliau dalam keadaan lemah selepas bersalin. Penemuan kajian sains tentang khasiat buah kurma yang kaya dengan unzur zat besi dan kalsium telah membuktikan bahawa perubatan cara Islam yang terkandung di dalam al-Quran dan hadis Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam bukanlah jenis perubatan yang semata-mata sesuai dengan keadaan iklim masyarakat Arab sahaja atau sudah ketinggalan zaman, tetapi ia adalah perubatan yang diiktiraf oleh dunia antarabangsa. Malah ia lebih baik daripada ubat-ubatan moden yang menggunakan berbagai campuran dadah yang boleh mengakibatkan kesan sampingan yang lain.

Unsur zat besi dan kalsium yang terdapat di dalam buah kurma adalah unsur yang paling tinggi bagi membentuk susu ibu. Bagi Ibu-ibu yang mempunyai masalah kekurangan susu, maka dengan memakannya dapat menggalakkan pertambahan kandungan susu. Ianya juga berperanan dalam pertumbuhan kanak-kanak damit dan pembentukan darah dan sumsum tulang. Antara kajian lain yang dijalankan membuktikan bahawa kurma antara makanan yang paling pantas diproses sebagai bekalan tenaga. Kurma tersebut akan segera dibakar dan ia akan disalurkan ke bahagian anggota lain dan otak.

Rasulullah juga pernah bersabda mengenai hal ini ,sabdanya:" Beri makan buah tamar kepada isteri-isteri kamu yang hamil dan barang siapa yang memakan buah tamar tersebut semasa hamilnya, maka anak yang akan lahir itu akan menjadi seorang anak yang penyabar dan bersopan- santun, kerana makanan Siti Maryam ketika melahirkan Nabi Isa AS adalah buah tamar.

Berdasarkan ini juga Baginda Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam menganjurkan kita supaya berbuka puasa dengan buah kurma sebagaimana sabdanya daripada Anas bermaksud :


"Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam berbuka puasa dengan beberapa biji buah kurma sebelum sembahyang. Sekiranya tiada terpadat kurma, maka Baginda Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam akan berbuka dengan beberapa biji anggur. Sekiranya tiada anggur, maka Baginda meminum beberapa teguk air. (Hadis riwayat Ahmad)


Sehubungan dengan hadis ini ada beberapa hadis lain yang menganjurkan agar kita berbuka puasa dengan kurma. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, beliau berkata : "Rasulullah Sallallahu alaihi Wasalla berbuka dengan kurma dan barangsiapa yang tidak mendapatkannya maka hendaklah ia berbuka dengan air kerana sesungguhnya air itu pembersih.

Antara hadis lain yang menyatakan kelebihan buah kurma :


Maksudnya : Daripada Adiy bin Hatim, ia berkata : "Saya mendengar Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam bersabda : "Hindarilah api neraka walaupun (dengan memberi sedekah) sebelah buah kurma.


Hadis ini menerangkan kemuliaan buah kurma, iaitu walaupun dengan hanya kita bersedekah sebelah buah kurma kita terhindar daripada api neraka.


Jadi bagi orang-orang yang mementingkan kesihatan mereka agar sentiasa dapat dijaga dengan baik, buah kurma adalah amat sesuai dijadikan sebagai salah satu makanan harian mereka khususnya di waktu pagi sebelum memulakan sebarang tugas harian. Khasiat kurma juga adalah sesuai dan baik bagi pertumbuhan kanak-kanak.


Mudah-mudahan dengan amalan memakan kurma yang berterusan, kita terhindar daripada berbagai kemungkinan dan dapat meneruskan tugas harian serta beribadat kepada Allah Subhanahu Wataala.



KHASIAT KURMA

 Kurma diangkat tinggi oleh Rasulullah saw kerana mempunyai nilai kandungan makanan yang tinggi. Kandungan protein di dalam kurma lebih kurang 1.8 hingga 2.0 peratus, serat 2.0 hingga 4.0 peratus manakala kandungan gulanya 50 hingga 57 peratus glukosa. Ini menunjukkan kandungan gula di dalamnya telah ditukar secara semulajadi. Bermakna apabila kita memakan kurma, tenaga yang diserap tubuh adalah serta-merta. Sebaliknya gula di dalam kebanyakan buah-buahan dikenali sebagai fraktosa dan gula tebu atau gula pasir yang biasa mengandungi sukrosa tidak boleh menyerap terus dalam tubuh. Ia terpaksa dipecahkan dahulu oleh enzim sebelum bertukar menjadi glukosa lalu diserap tubuh sebagai tenaga.


 Disunatkan berbuka dengan kurma kerana orang yang berpuasa tidak makan selama 12 jam. Kurma menyumbang tenaga serta-merta kepada si pemakan dan ini memudahkan seseorang beribadat dan menunaikan sembahyang maghrib atau tarawih. Apabila tubuh berasa segar dan bertenaga ia menghalang kita makan berlebihan atau mengikut nafsu. Kadangkala waktu berbuka kita makan terlalu banyak, tetapi masih letih dan tidak bertenaga. Sebabnya makanan yang diambil kebanyakan mengandungi karbohidrat, tanpa tenaga serta-merta menjadi penyebab selesai makan, mata pun mengantuk.


Kita makan kurma tanpa buang kulitnya yang mengandungi serat. Amat baik untuk mencegah barah usus besar kerana ia melawaskan. Sementara kandungan vitamin A dan C amat tinggi pada peringkat khalal atau rotab dan menurun sedikit pada peringkat tamar. Selain itu ia mengandungi zat galian dan yang paling banyak dikenali sebagai potasium. Potasium diperlukan oleh tubuh untuk sistem saraf kerana kurma adalah excellant source atau sumber mujarab. Memang dalam susu, yogurt dan makanan laut juga mengandungi potasium tetapi jumlahnya sedikit.

Ramai beranggapan hanya kismis yang baik untuk menguatkan ingatan, sebenarnya kurma juga setanding. Mungkin atas alasan pihak-pihak tertentu atau negara pengeluar anggur telah menjalankan kempen makan kismis dan mempopularkan khasiatnya.


Diriwayat oleh Aishah r.a. yang menjelaskan, kurma mengandungi ubat. “Jika sesiapa yang selalu makan kurma akan dihindari daripada terkena racun yang dimakan.”


Dalam bidang perubatan dengan ketiadaan kolesterol, lemak dan gula di dalam kurma, ia amat baik untuk meredakan tekanan darah tinggi. Dalam perubatan homeopati, biji kurma dikisar halus atau dijadikan serbuk seperti teh. Direndam dan diminum bagi menyembuhkan pelbagai jenis penyakit.


Melalui petua tertentu, kurma dimakan bersama badam dan madu untuk menyembuhkan penyakit. Kurma dikatakan menambah tenaga seksual atau batin. Jus buah kurma mungkin baru di negara ini, sebaliknya di negara pengeluar selain dimakan segar, kering atau salai, kurma dibuang biji dan diganti dengan kacang tanah, badam atau gajus bagi mengenakkannya. Kurma juga dibuat jem, sirap atau bahan tambahan dalam aiskrim.


Kurma sejenis buah yang kaya dengan zat besi, kalsium, fosforus, sodium, potasium, vitamin A dan C dan juga niasin.Ia lazimnya dimakan semasa bulan Ramadhan dan mempunyai khasiat serta nilai yang tinggi dalam dunia perubatan tradisional.

. dari segi saintifik amat berkesan bagi mengubati gangguan usus yang kronik, dimana ketidakserasian dengan gluten, menghalang penyerapan zat-zat makanan secara sempurna.
Kurma mengandungi sejenis bahan protein serta garam galian yang menghentikan tindak balas luar biasa yang dicetuskan oleh gluten dalam usus kecil. Tindakbalas itu jika dibiarkan boleh membawa kepada pengeluaran sel darah putih secara berlebihan.

Selain daripada gangguan usus, jus kurma berkesan untuk mengatasi masalah sembelit. Bagaimanapun minuman ini tidak sesuai di amalkan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetis, kerana ia boleh mendatangkan kesan yang lebih serius.


Jus kurma juga merupakan penawar mujarab dalam perubatan tradisional untuk mengatasi masalah insomnia. Bagi mereka yang mengalami masalah batuk jus kurma sesuai untuk diamalkan kerana kandungan gula dalam buah kurma bertindak menghilangkan gatal-gatal dalam kerongkong sekaligus menghentikan batuk.


Kurma dikatakan tumbuhan yang mempunyai pelbagai khasiat dan kegunaan yang banyak kerana telah terbukti, di dalam Al-Quran terdapat 21 ayat yang menyebut tentang kurma.

Mengikut pendapat pakar perubatan, buah kurma kaya dengan unsur zat besi dan kalsium sesuai untuk wanita sama ada semasa hamil dan selepas bersalin. Hal ini berasaskan kepada wahyu yang diturunkan oleh Allah kepada ibu Isa iaitu Maryam binti Imran supaya memakan buah kurma ketika beliau dalam keadaan lemah selepas bersalin.

KAJIAN DAN PENEMUAN SAINS PERUBATAN

Berdasarkan pada ayat-ayat Al-Quran dan hadith Rasul, para saintis giat mengkaji mengenai khasiat kurma. Mengikut kajian Dr.Mahmud Nazim Al-Nasimy dalam buku Tempoh mengandung dari segi perubatan, fiqhiyah dan perundangan, hasil kajiannya menunjukkan jus kurma dapat menolong mencengkam rahim sewaktu proses kelahiran, memperkukuhkan lagi urat-urat rahim pada bulan-bulan terakhir kehamilan dan membantu memudahkan proses kelahiran bayi. Jus kurma juga dapat mengurangkan tumpah darah, menguatkan organ rahim serta berkesan meredakan tekanan darah tinggi.


Kajian Profesor Madya Aisyah Mohd Zain Pensyarah Fakulti Sains dan Bioteknologi Universiti Putra Malaysia,menunjukkan bahawa jus kurma membantu mencegah daripada sembelit, lemah otot, sengal-sengal badan, lesu dan barah usus besar, merangsangkan selera makan, menguatkan ingatan dan melawaskan. Disamping menambahkan tenaga seksual,kurma juga boleh digunakan sebagai pencuci mulut.

Mengikut hasil kajian Ahli Sains Mesir telah terbukti khasiat kurma dalam membantu memanaskan badan, mencergaskan otak dan tubuh badan serta mencergaskan minda dan membantu tumbesaran kanak-kanak. Ia juga membantu melicinkan perjalanan darah dan menghindari dari penyakit barah, merawat buah pinggang dan mencuci hati, dan membantu mengurangkan pengaliran darah semasa kelahiran.

Tidak sahaja buah kurma, umbut dari pokok kurma juga boleh dijadikan makanan dan ia juga mempunyai khasiat yang tersendiri.

Pengeluar kurma dunia ialah Arab Saudi, Iraq, Iran, Mesir, Tunisia dan Algeria 

Kandungan Kurma Kering
%
Gula
Lebih 50
Protein
Lebih 2
Lemak
Lebih 2
Sumber Mineral
Lebih 2

Sumber: Encyclopaedia Britannica CD99.

Kurma Mencegah Serangan Stroke 


•        Kandungan kalorinya yang tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh memang sesuai kalau digunakan saat berbuka puasa. Namun, ada khasiat yang lebih istimewa: kurma boleh menurunkan risiko serangan stroke berkat tingginya kalium yang dikandungnya.  Buah-buahan dikenal sebagai sumber utama vitamin, terutama vitamin C dan mineral. Sudah begitu, kandungan energi atau kalorinya pun rendah, sebab lemak yang dikandungnya juga rendah. Namun, ada pengecualian, misalnya kurma. Kandungan lemak pada kurma juga boleh diabaikan. Namun, karbohidratnya yang tinggi membuat buah ini dapat menyediakan energi yang tinggi pula. 

Malah paling tinggi diantara keluarga besar buah-buahan. Keunggulan lainnya, kurma

mengandungi zat gizi penting bagi fungsi tubuh, terutama jantung dan pembuluh darah, yaitu kalium. Fungsi mineral ini membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot, serta membantu mengatur tekanan darah. Itulah sebabnya kurma menjadi istimewa. Apalagi, beberapa penelitian membuktikan, makanan tinggi kalium ini dapat menurunkan risiko serangan stroke.



Cukup  Lima Butir Sehari..!


*      Dari penelitian terhadap pola makanan yang dilakukan terhadap 859 orang lelaki dan wanita berusia di atas 50 tahun di California Utara, AS, diketahui, perbezaan kecil konsentrasi kalium pada pola makanan dapat memprediksi mereka yang dijangkakan berpeluang meninggal akibat stroke 12 tahun kemudian. Tak ada seorang pun yang sukatan kaliumnya paling tinggi (lebih dari 3.500 mg setiap hari) meninggal akibat stroke. Sebaliknya, orang yang secara teratur engonsumsi kalium paling rendah (kurang dari 1.950 mg setiap hari) mempunyai risiko stroke fatal jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Di antara mereka yang konsumsi kaliumnya paling Rendah, harapan meninggal akibat stroke 2,6 kali pada lelaki dan 4,8 kali pada wanita. 

Makin banyak makanan kaya kalium yang dikonsumsi biasanya makin kecil kemungkinan orang menderita stroke. Para penyelidik merumuskan dengan hanya makan satu jenis ekstra makanan kaya kalium (minimal 400 mg setiap hari) risiko fatal boleh diturunkan sampai 40%. Tahap  400 mg kalium itu mudah sekali Anda penuhi dengan makan kurma kering sekitar 65 g saja, atau setara dengan lima butir kurma. Makanan tinggi kalium, menurut Dr. Louis Tobian, Jr., pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University AS, juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta boleh memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung, sebagaimana  kondisi tekanan darah seseorang. Untuk membuktikan hal itu, Dr. Tobian melakukan eksperimen pada dua kelompok tikus yang terkena hipertensi. Satu kelompok tikus diberi diet tinggi kalium dan kelompok lain diet kalium normal. Hasilnya amat luar biasa.

 Diantara kelompok tikus yang mendapat kandungan kalium tinggi, tak satu pun mengalami
perdarahan otak. Sementara 40% pada kelompok tikus yang mendapat kalium normal menderita stroke ringan yang dibuktikan dengan adanya perdarahan otak.

Dari hasil penelitian itu, Dr Tobian membuat kesimpulan, konsumsi ekstra kalium dapat menjaga dinding arteri tetap elastik dan berfungsi normal. Keadaan ini membuat pembuluh darah tidak mudah rusak akibat tekanan darah. Jadi jelas, kurma yang secara tradisional disajikan sebagai salah satu hidangan untuk berbuka puasa di Bulan Ramadhan, bukan makanan pembuka yang biasa. Diam-diam ia menyimpan senjata potensial antistroke dan antiserangan jantung. Meskipun demikian, untuk memastikan nampak positif kurma, agaknya masih perlu dibuktikan lebih lanjut melalui penelitian.

Memiliki Aktiviti Seperti Aspirin/Pill Killer

*      Selain kalium yang berguna bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, kurma juga mengandung salisilat. Zat ini, dikenal sebagai bahan baku aspirin, Ubat pengurang atau penghilang rasa sakit dan demam. Salisilat bersifat mencegah pembukan darah, antiinflamasi, dan melenyapkan rasa ngeri/ngilu. Kecuali itu, menurut Nurfi Afriansyah, staf penyelidik KIE Gizi Puslitbang Gizi Bogor, salisilat juga boleh mempengaruhi prostate gland (kelompok asam lemak hidroksida yang merangsang kontraksi otot , menurunkan tekanan darah). Sementara itu, Jean Carper dalam bukunya Food,Your Miracle Medicine menyatakan kurma mempunyai aktiviti seperti aspirin. Kurma kering , katanya, sangat tinggi kandungan salisilat alias aspirin alaminya. Buah ceri, prune dan kismis kering  juga kaya dgn kalium  kerana ia juga mengandung salisilat.


orang yang peka dengan aspirin, kalau menyantap makanan mengandung salisilat, akan bereaksi sama  dengan orang yg minum aspirin. Karena itu, pakar kesihatan yang mendalami alergi biasanya akan mewarwarkan mereka yang peka terhadap aspirin supaya menjauhi makanan mengandung salisilat, termasuk kurma. 

Di pihak lain , para pakar tergugah rasa ingin tahu terhadap perkembangan bahwa salisilat pada makanan boleh memberikan prestasi yang sama dengan minum aspirin. Memang, ada kaijan yang membuktikan, aspirin regular dose rendah (kurang atau separuh dose yang biasa diminum per hari) sanggup membantu mencegah serangan jantung atau stroke.

Berdasarkan hal itu, para pakar mengharapkan, dose rendah salisilat dalam makanan yang dikonsumsi  boleh juga meredakan sakit kepala.


Komposisi Gizi


*      Buah kurma boleh dimakan secara langsung, dalam keadaan kering atau segar. Disamping itu, juga boleh dimanfaatkan untuk berbagai hidangan seperti aneka

produk roti, permen, ais krim, selada dan sirap.

Di negera Arab kurma  mendapat tempat yang cukup baik di dalam masyarakat. Buah berbentuk silinder dengan biji beralur tunggal ini biasanya dikonsumsi bersama hasil olahan susu.


Nilai gizi utama yang diandaikan memang kandungan karbohidrat sederhananya, alias gulanya, yang tinggi. Kandungan karbohidratnya berkisar dari sekitar 60% pada kurma lembek (yang diambil sewaktu masih lembek dan mentah) hingga sekitar 70% pada kurma kering (yang mengering di pohon, terjemur matahari)


Kebanyakan varietas kurma mengandungi gula glukosa (jenis gula yang ada dalam darah) atau fruktosa (jenis gula yang terdapat dalam sebagian besar buah-buahan). Namun, satu varietasnya yang bernama Deglet Noor yang tumbuh di California hanya mengandungi gula sukrosa (dikenal juga sebagai gula pasir).


Menurut Dr. Anwar El Mufti dari Mesir, seperti dikutip harian "Buana Minggu", kurma mengandung zat gula 70%. Sebagian besar zat gula yang terdapat di dalamnya sudah diolah secara alami dan tidak berbahaya bagi kesihatan. Seperti halnya gula pada buah-buahan yang dinamai fruktosa, zat ini mudah dicerna dan mudah dibakar oleh tubuh. Dengan demikian akan menghasilkan tenaga yang tinggi, tanpa menyusahkan tubuh untuk mengolah, mencerna, dan menjadikannya sebagai gizi yang baik. Itu sebabnya mengapa kurma dianggap sebagai buah yang ideal untuk hidangan berbuka puasa ataupun sahur. 

 Segelas air yang mengandung glukosa, menurut Dr. David Conning, Pengarah Am British Nutrition Foundation, seperti dikutip Panasea, akan diserap tubuh dalam 20-30 menit, tetapi gula yang terkandung dalam kurma baru habis terserap dalam tempo 45-60 menit. Makanya, orang yang makan cukup banyak kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar, sebab bahan ini  juga kaya dengan serat.

Keunggulan kurma lainnya mengandung berbagai vitamin penting, seperti vitamin A, tiamin, dan riboflavin dalam jumlah yang bisa diandalkan, serta niasin dan kalium dalam jumlah yang sangat andal. Selain itu, buah ini ternyata juga memuat berbagai zat gizi lain seperti zat besi, vitaminB, asam nikotinat serta serat (bukan zat gizi) dalam jumlah memadai.


Dalam setiap 100 g kurma kering terkandung vitamin A 50 IU, tiamin 0,09 mg, riboflavin 0,10 mg, niasin 2,20 mg, serta kalium 666 mg. Zat-zat gizi itu berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit dan saraf agar tetap sehat serta penting untuk fungsi jantung.


Riboflavin dan niasin. Misalnya, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara tiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Tiamin penting bagi sel-sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf.


Kurma juga mengandung banyak mineral penting , seperti magnesium, potasium dan kalsium. Mineral-mineral itu sangat diperlukan oleh tubuh. Serat yang terdapat dalam kurma berfungsi melunakkan usus dan mengaktifkannya, yang  secara  mempermudah buang air besar. Dalam kurma juga terdapat semacam hormon (potuchsin) yang boleh menciutkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga boleh mencegah perdarahan rahim.

Bapak dan Ibu, Mengingat begitu manfaatnya kurma dalam kehidupan kita, dalam kesempatan ini izinkan kami menginformasikan manfaat kurma dalam segala hal, yang tentunya salah satu manfaat terbesar adalah untuk kesehatan kita, di antaranya :


A.      KHASIAT KURMA RUTHOB MUDA
 ( Warna Kuning, Hijau atau Merah )

1.     Khasiat Kurma Muda Ruthob warna kuning

Untuk anda yang belum mendapatkan Anak  / keturunan, dan bagi mereka yang ingin agar hidup sehat mari kita konsumsi kurma muda ruthob ( Warna Kuning )  Ruthab juga adalah memakan yang kaya sekali dengan unsur-unsur kalsium dan besi. Oleh karena itu, Allah SWT menganugerahkannya untuk para wanita yang sedang nifas. Sebagaimana Allah SWT telah memerintahkan ibuda Maryam, al-‘Azra, untuk memakannya pada saat nifas, karena kedua unsur penting seperti besi dan kalsium ada dalam ruthab ini dengan kadar yang cukup.

Ruthab ini pun penting untuk memproduksi susu dan bayi yang menyusu, mengingat ia dapat mengganti zat-zat yang hilang dalam tubuh ibu ketika  melahirkan atau ketika menyusui.

Besi dan kalsium juga merupakan unsur penting bagi pertumbuhan anak yang sedang menyusui karena keduanya merupakan unsur yang paling menentukan dalam pembentukkan darah, sumsusm tulang belakang dan tulang.

Untuk Kesuburan Pria atau Vitalitas pria Konsumsi kurma Muda ruthob warna merah secara continu, Insya Allah apabila baik istri dan suami  sudah mengkonsumsi  secara bersama, Insya Allah semoga apa yang menjadi hajat kita Allah Kabulkan. Amin Ya Rabb.
 
 
B.      KHASIAT KURMA AZWA / KURMA NABI




Qola rasulullah shollahu ‘alaihi wasallam :
“man tashabbaha kulla yaumin sab’a tamaraatin ‘ajwatan lam yadhurrahu fii dzalikal yaumi summun walaa sihrun”.

 (shohiihul bukhaari)


Sabda Rasulullah SAW :

“Barang siapa yang makan pagi dengan tujuh butir kurma Ajwah, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir dihari itu”.

 (Riwayat Shahih Al-Bukhari)



Hadits ini menjelaskan tentang keutamaan sunnah memakan buah kurma ajwah di pagi hari. Buah kurma sebagaimana di ketahui memang mempunyai khasiat tertentu untuk pengobatan, seperti untuk meningkatkan kadar gula darah, kemudian katanya juga bisa untuk mengobati katarak pada mata dengan memakan paling sedikit 3 buah kurma selama beberapa bulan.

Pada hadits diatas dikatakan kurma ajwah  (yaitu kurma yang ditanam langsung oleh rasulullah saw di madinah), jadi bukan kurma yang biasa. Kurma ini bentuknya tidak lebih besar dari kurma yang lainnya, biasanya hanya setengah ibu jari kita, warnanya lebih hitam dari kurma yang lain, ada juga yang menyebutnya kurma Nabi, karena memang ditanam langsung oleh Rasulullah.


Hadits ini menjelaskan bahwa kurma ajwah bisa untuk menangkal racun dan sihir, mungkin karena kandungan yang ada di dalam kurma ini yang menyebabkan bisa untuk menetralisir racun, karena itulah nabi menganjurkannya memakan 7 buah di pagi hari. Lalu kenapa bisa untuk menangkal sihir, ini menjelaskan bahwa kurma ini membawa keberkahan bagi yang memakannya, di sebabkan Nabi saw sendiri yang menanamnya, bibit dari kurma ini telah bersentuhan dengan tangan baginda Nabi saw yang mulia, yang memang membawa keberkahan, karena itulah kurma ini bisa menangkal sihir.


Pohon kurma ajwah ini masih ada di madinah sampai sekarang, jadi sudah lebih dari 14 abad atau 1429 tahun sejak pertama kali di tanam oleh rasulullah saw, jumlahnya hanya sekitar seratusan pohon.


mengingat khasiatnya kurma ini Ruthob dan Kurma Azwa / Rasul ini., jangan lupa untuk mengkonsumsinya, berdoa sebelum memakannya, semoga Allah memberikan kita keturunan Anak - anak yang soleh dan soleha, dan Allah menjaga kita. Amin Ya Rabbal Alamin.


C.      MANFAAT TAMR  (KURMA KERING )

Tamr / Kurma Kering berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan. Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Artinya : Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini” [Maryam : 25-26]


Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : “Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah” Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, “Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. 

Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dippompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh” Buah kurma matang sangat kaya dengan unsur Kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan). Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merpuakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.

1.     Ruthab (kurma basah / Kurma Muda Warna Kuning, HIjau & merah ) Obat Kesuburan bagi yang pengen cepat hamil & Perkasa, mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran. Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.

2.     Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya.

3.     Buah kurma, baik tamr maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.

4.     Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.


5.  Buah kurma Ajwah dapat digunakan sebagai alat ruqyah dan mencegah dari ganguan jin.

6.     Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.


7.     Buah kurma dapat mencegah stroke

8.     Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.

9.     Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.


 UNSUR-UNSUR YANG TERKANDUNG DALAM TAMER

Kandungan gula dalam tamer mencapai 75%, 20% protein dan sekitar 3% adalah lemak atau minyak.  Tamer kaya akan garam mineral dan garam mineral alkali seperti kalsium, potassium, buah ini pun kaya akan unsur-unsur besi selain mengandung vitamin B dan C.

Kandungan Gizi dalam Tamer

Orang dapat hidup hanya dengan tamer dalam waktu yang cukup lama, karena buah ini kaya akan unsur gula. Unsur ini sangat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Hanya saja, tamer ini sedikit sekali unsur lemak dan proteinnya. Oleh karenanya, orang yang hanya mengonsumsi tamer saja dalam keseharaiannya bisa kurus. Jika dimakan dengan satu gelas susu, maka keduanya menjadi sebuah makanan yang sempurna dilihat dari segala sisinya, karena susu banyak mengandung duan unsur penting bagi tubuh, yaitu protein dan lemak.

Orang-orang pedamalam Arab (badui) hidup hanya dengan tamer kering dan susu kambing bandot, kesehatan mereka terbukti lebih baik dan jarang terkena penyakit, apalagi penyakit-penyakit kronis, karena mereka terbiasa mengonsumsi dua jenis makanan itu.

Makanan untuk Para Wanita yang sedang Nifas

Ruthab adalah memakan yang kaya sekali dengan unsur-unsur kalsium dan besi. Oleh karena itu, Allah SWT menganugerahkannya untuk para wanita yang sedang nifas. Sebagaimana Allah SWT telah memerintahkan ibuda Maryam, al-‘Azra, untuk memakannya pada saat nifas, karena kedua unsur penting seperti besi dan kalsium ada dalam ruthab ini dengan kadar yang cukup. Ruthab ini pun penting untuk memproduksi susu dan bayi yang menyusu, mengingat ia dapat mengganti zat-zat yang hilang dalam tubuh ibu ketika melahirkan atau ketika menyusui.

Besi dan kalsium juga merupakan unsur penting bagi pertumbuhan anak yang sedang menyusui karena keduanya merupakan unsur yang paling menentukan dalam pembentukkan darah, sumsusm tulang belakang dan tulang. Korma hijau, Kuning ...emang  rasanya sepet, tapi (ini katanya lohh) buat wanita menikah yang kepingin bisa hamil, kalo tau tatacara makannya, bisa jadi "pancingan" biar bisa cepet hamil. ( konsumsi juga kurma muda Ruthob Warna Kuning, baik  untuk  dikonsumsi bagi pasangan yang belum punya momongan / keturunan ) 

Berbuka yang Baik

Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa butir ruthab sebelum shalat. Dalam berbuka Rasulullah SAW dengan ruthab atau tamer terkandung pelajaran penting sekali bagi umatnya, karena lambung dan usus orang yang berpuasa dalam keadaan kosong, yang membuat hati tidak menemukan apa pun untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Dan ketika makanan manis sebagai makanan yang paling cepat samapi ke hati – selanjutnya disebarkan ke seluruh tubuh, maka ruthab akan lebih diterima untuk dimanfaatkan dan digunakan untuk pembakaran, untuk kemudian mengirimkan energi yang dihasilkan ke seluruh anggota tubuh.

Dalam ilmu kedokteran telah dinyatakan; bahwa gula dan air adalah makanan yang paling dibutuhkan oleh tubuh yang berpuasa, karena kekurangan gula dalam tubuh dapat menyebabkan sesak didada, kekacauan pada saraf. Sementara kekuranga iar dapat membuat tubuh lemah dan tidak mampu menahan serangann penyakit. Adapun orang yang memenuhi perutnya langsung dengan makanan inti saat berbuka. Dia akan membutuhkan setidaknya tiga jam atau lebih agar lambungnya dapat menyerap gula yang ada dalam makanan itu. oleh karena itu, pada mereka ini terlihat gejala-gejala yang telah disebutkan diatas. Seperti halnya orang yang melakukan puasa wishal.


Manfaat Balah dan Ruthab menurut ilmu Kedokteran

Pertama : Dalam refernsi kedokteran kuno ditemukan bahwa memakan tamer secara langsung dapat membunuh cacing, dan kurma ajwa adalah kurma yang dapat membunuh cacing dalam tubuh, sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi SAW. ”Kurma Ajwa itu datang dari surga dan di dalamnya terdapat obat (penawar) racun.

Kedua : Orang-orang Mesir kuno telah terbiasa menggunakan balah untuk para penderita sakit kantung kemih, sakit perut, dan usus.

Ketiga : Balah sangat bermafaat untuk menguatkan otot perut dan dapt membantu saat susah buang air besar, karena di dalamnya banyak mengandung serat untuk membantu proses pencernaan.

Selain itu, balah juga dapat menguatkan rahim, khususnya saat melahirkan. Sebuah penelitian ilmiah menegaskan, bahwa balah dapat memberi pengaruh positif bagi gerakan rahim dan menambah elastisitasnya. Oleh karena itu, Allah SWT telah memerintahkan Maryam untuk memakan balah ketika hendak melahirkan Isa. Sehingga bayi bisa lahir dengan mudah.

Dalam sebuah ayat Allah SWT berfirman,

“Goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah nadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini,’ “ (QS. Maryam [19]:25-26).

Keempat : Tamer dapat memberi efek relaksasi pada saraf, karena tamer ini memiliki pengaruh langsung terhadap kelenjar gondok (tiroid). Oleh karenanya, para dokter menganjurkan untuk memberi tamer kepada anak dan orang dewasa yang terganggu sarafnya pada hari agar jiwanya menjadi lebih tenang.

Kelima : Seduhan balah dapat memudahkan saluran kencing.

Keenam : Tamer kaya akan garam mineral alkali. Misalnya, garam kalsium dan potassium. Ia adalah makanan yang berfungsi menyeimbangkan asam lambung. Di samping itu, ia pun dapat mengganti abu alkalis setelah proses pecernaan dan penyerapan, karena ia dapat menyeimbangkan asam yang keluar setelah mengonsumsi sumber protein, seperti ikan dan telur.

Ketujuh : Tamer juga merupakan sumber utama vitamin A. oleh karena itu, buah ini dapat menjaga kelembaban mata dan kebinarannya, menguatkan mata dan penglihatan, serta dapat membuat saraf rileks.

Balah terbaik adalah yang banyak tersebar dan dikonsumsi oleh orang yang disebut dengan balah abrimi. Buah ini adalah makanan masyarakat yang cukup murah dan dapat dimakan oleh semua kalangan. Kelebihan balah adalah tidak mudah busuk. Dimungkinkan untuk disimpan dalam waktu cukup lama. Balah ini bisa dijadikan sebagai makanan pengganti ketika buah-buahan segar sulit didapatkan.


Cara Mengeringkan Balah

Pertama : Gunakan balah yang setengah kering seperti siwa, lalu letakkan di bawah terik matahari selama kurang lebih satu minggu atau sepuluh hari. Lakukanlah pembalikan setiap dua hari.

Kedua : Masukkan ke dalam karung selama kurang lebih satu hari sampai kadar kelembabannya merata – lalu pisahkan dan masukan ke dalam kantong atau ke dalam keranjang.

Manfaat Kurma Rutho Muda & Lainnya :


Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi kurma menjadi sumber energi yang tinggi pula. Bahkan tertinggi di antara semua buah-buahan lainnya. Karena itulah kurma sangat cocok untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa. Bagi orang yang cukup banyak makan kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar karena bahan pangan ini juga kaya akan serat.


     Kurma bisa disantap langsung dalam keadaan kering atau segar. Kurma juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hidangan, seperti: aneka produk roti, permen, es krim, dan sirup. Di negara-negara Timur Tengah, kurma biasanya dikonsumsi bersama hasil olahan susu. Kurma mengandung beberapa bahan yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain: kalium, salisilat, karbihidrat, dan vitamin.

1. Kalium
Dalam 100 gr kurma kering terdapat 666 mg kalium, sehingga berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kalium merupakan mineral yang penting untuk melancarkan pembuluh darah, membuat denyut jantung menjadi teratur, mengaktifkan kontraksi otot, dan menstabilkan tekanan darah.

2. Salisilat
Salisilat merupakan zat yang digunakan sebagai bahan baku aspirin (obat pengurang/penghilang rasa sakit dan demam). Salisilat bersifat mencegah pembekuan darah, anti inflamasi, dan penghilang rasa nyeri. Aspirin reguler dosis rendah (kurang atau separuh dosis yang biasa diminum per hari) sanggup membantu mencegah sakit kepala hingga serangan jantung dan stroke.
     
Menurut Nurfi Afriansyah Staf Peneliti KIE Gizi Puslitbang Gizi Bogor, salisilat juga bisa mempengaruhi prostaglandin yaitu kelompok asam lemak hidroksida yang merangsang kontraksi otot polos dan menurunkan tekanan darah. Salisilat biasanya ditemukan pada kurma yang sudah kering.

3. Karbohidrat atau Zat Gula
Kandungan karbohidrat pada kurma yang dipanen sewaktu masih lembek dan mentah berkisar 60% sedangkan pada kurma kering (yang mengering di pohon terjemur matahari) berkisar 70%. 100 gram kurma mampu menyuplai 230 kcal energi.

Menurut dr. Anwar El Multi dari Mesir, kurma mengandung zat gula 70% dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Kebanyakan varietas kurma mengandung gula glukosa (jenis gula dalam darah) atau fruktosa (jenis gula dalam sebagian besar buah-buahan). Zat ini mudah dicerna dan dibakar oleh tubuh sehingga menghasilkan tenaga yang tinggi tanpa mempersulit tubuh untuk mengolah, mencerna, dan menjadikannya sebagai gizi yang baik.


  Menurut Dr. David Conning Director of British Nutrition Foundation, segelas air yang mengandung glukosa akan diserap dalam waktu 20-30 menit. Sedangkan gula yang terkandung dalam kurma baru habis terserap dalam tempo 45-60 menit.

4. Vitamin dan Zat Gizi
Dalam setiap 100 gram kurma kering terkandung 50 IU Vitamin A; 0,4 mg Vitamin C; 0,09 mg Tiamin; 0,10 mg Riboflavin, 2,20 mg Niasin, asam nikotinat dan zat besi. Zat-zat gizi itu berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit dan saraf agar tetap sehat, serta penting untuk fungsi organ jantung.

5. Mineral Penting (magnesium, potasium dan kalsium)
Kurma juga mengandung semacam hormon potuchsin yang bisa menciutkan pembuluh darah dalam rahim sehingga bisa mencegah terjadinya pendarahan rahim.

6. Lemak

Kandungan lemak pada buah kurma sangat rendah yaitu 0,4 gram per 100 gram kurma.

 Dengan hanya makan satu porsi ekstra makanan kaya kalium minimal 400 mg/hari maka risiko fatal terserang stroke bisa diturunkan sampai 40%. Batas minimal 400 mg/hari tersebut mudah sekali dipenuhi dengan hanya makan kurma kering minimal sekitar 65 gram saja atau setara dengan lima butir kurma

MANFAAT KURMA DARI SUDUT PANDANG MEDIS

Berikut ini akan kami paparkan sebagian dari manfaat dan khasiat kurma ditinjau dari sudut pandang medis modern yang sekaligus menguatkan khabar Al-Qur’an Al-Karim dan As-Sunnah Ash-Shahihah tentang khasiat dan keutamaan kurma.


1. Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.


Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya.


Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.
“Artinya : Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini” [Maryam : 25-26]

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : “Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah” [2]

Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, “Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama.

 Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dippompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh”

Buah kurma matang sangat kaya dengan unsur Kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan).

 Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merpuakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.

2. Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya [4]. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran.

Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.

3. Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya. [5]

4. Buah kurma, baik tamr maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.

5. Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.

6. Buah kurma Ajwah dapat digunakan sebagai alat ruqyah dan mencegah dari ganguan jin.

7. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.

8. Buah kurma dapat mencegah stroke

9. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.

10. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

11. Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula.

ANDA  MAU LANGSING MAKAN KURMA

KURMA dipercaya mengandung banyak khasiat yang mantap. Tak hanya makanan penghilang rasa lapar, kurma diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Satu di antara manfaat itu yakni membuat tubuh lebih langsing.

Tanaman yang tumbuh di wilayah subtropis itu sudah dikenal masyarakat Timur Tengah sejak 6.000 Sebelum Masehi. Tapi, kurma atau dates mendunia pada abad ke-18.  Kurma pun menjadi obat manjur karena memiliki efek menyegarkan dan menguatkan yang sama seperti cairan infus.

Di Indonesia, Anda mungkin tidak asing dengan jenis Kurma Nabi. Padahal ada ratusan jenis kurma yang ada di dunia dan 38 jenis yang populer.

"Yang masuk ke Indonesia hanya sekitar 16 jenis. Yang paling disukai orang Indonesia memang Kurma Nabi atau jenis Agwa," ucap Tania dari Bateel, gerai waralaba khusus kurma.

Meski begitu, secara umum kurma terbagi 3 jenis:
1.Kurma basah, berdaging empuk, sangat lembab dan 
kandungan gula rendah.

2.Kurma agak kering, berdaging kenyal, tidak terlalu berair dan kandungan gula tinggi.

3.Kurma kering (kurma roti), dagingnya keras, kering dan memiliki kandungan gula tinggi.

Bangsa Arab, umumnya lebih menyukai kurma yang serat dagingnya keras dan tidak terlalu lembut.

Nutrisi Kurma
Kurma adalah buah yang sangat mudah dicerna dan diserap kandungan gizinya oleh tubuh. Itu menjadi alasan kurma sangat baik untuk mengganti energi yang hilang. Bayangkan saja, jika 1 kg pisang memiliki 970 kalori, maka kurma memiliki 3000 kalori! Kurma kering berkalori lebih besar ketimbang kurma basah.

Setiap 4 ons kurma kering terkandung 250 kalori, sementara kurma basah hanya memiliki 10 kalori. Dalam buku Khasiat dan Keajaiban Kurma, Prof. Dr. Hardinsyah, M.S., Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia sekaligus dekan FEMA-IPB, mengatakan "Kurma mengandung zat gizi yang nyaris lengkap dengan komposisi yang seimbang."

Apa saja kandungan nutrisi di dalam kurma? Coba simak tabel berikut ini.
  • Zat Gizi    Kandungan/100 gram
  • Air    22,5 gr
  • Energi    275 kcal
  • Protein    1,97 gr
  • Lemak Total    0,45 gr
  • Karbohidrat    73,51 gr
  • Serat Total    7,5 gr
  • Kalsium    32 mg
  • Besi    1,15 mg
  • Fosfor    35 mg
  • Kalium    40 mg
  • Sodium    3 mg
  • Zinc    0,29 mg
  • Tembaga    0,288 mg
  • Mangan    0,298 mg
  • Selenium    1,9 mg
  • Thiamin    0,09 mg
  • Riboflavin    0,1 mg
  • Niasin    2,2 mg
  • Asam Pantotenik    0,78mg
  • Vitamin B-6    0,192 mg
  • Folat    13 mcg
  • Vitamin A, IU    50 IU
  • Vitamin A, RE    5 mcg_RE
  • Vitamin E    0,1 mg_ATE
  • Saturated Fat    0,191 gr
  • Unsaturated Fat    0,149 gr
  • Polyunsaturated Fat    0,031 gr
Di luar kandungan gizi di atas, kurma juga mengandung 20 macam lebih asam amino yang membuat kurma sangat mudah dicerna. Selain dimakan sebagai buah, kurma juga kemudian diolah menjadi berbagai jenis makanan turunan seperti jus, selai, minyak, bahkan ada juga kurma yang difermentasi menjadi wine kurma.

Kurma Bikin Langsing
Melihat kandungan gizinya yang hampir lengkap, Anda pasti memberi tanggap positif. Namun, melihat kandungan kalorinya yang cukup tinggi, Anda mungkin akan berpikir ulang untuk mengonsumsinya. Alasannya cukup klasik, takut gemuk.

Nah, pikiran ini boleh Anda hilangkan. Karena, kurma memiliki kandungan lemak rendah dan serat yang cukup tinggi. Kurma justru bisa mengatasi kegemukan.


Nutrisi lengkapnya bisa menghilangkan rasa lapar. Dengan sedikit kurma saja, Anda sudah merasa kenyang. Sehingga keinginan makan makanan tinggi kalori bisa hilang.


Rasa lapar umumnya timbul karena kadar gula darah yang menurun, bukan karena perut kosong. Saat mengonsumsi kurma, kadar gulanya yang tinggi bisa langsung diserap tubuh karena sifatnya yang mudah dicerna. Kadar gula darah pun kembali normal.

Kudapan Antiaging
Bisa dibilang kurma adalah buah sahabat wanita. Bagi Anda yang tengah berbadan dua atau menyusui, kurma menjadi sumber makanan hebat. Kurma matang atau jus kurma mengandung zat yang mirip dengan oksitosin, yaitu zat yang dikeluarkan secara alami oleh wanita saat proses persalinan dan menyusui. Fungsinya yaitu mendorong peregangan rahim dan meningkatkan kontraksi.

Yang menarik, kurma bersifat laksatif alias pencahar. Artinya, kurma membantu membersihkan usus dari kotoran sebelum melahirkan.


Selain itu, kurma juga menjadi obat awet muda yang enak. Dalam sebuah penelitian yang diikuti partisipan wanita, krim biji kurma terbukti bisa mengurangi garis-garis keriput. Setelah diteliti, biji kurma ternyata mengandung fitohormin dan zat antiaging.


Anda juga bisa berkreasi dengan berbagai macam makanan berbahan kurma. Di Arab Saudi, herai Bateel bahkan memiliki restoran khusus menjual makanan berbahan dasar kurma.

Obat Mujarab
Sifat laksatif kurma tentu baik untuk mengobati masalah konstipasi atau masalah yang berhubungan dengan usus dan pencernaan. Namun, kandungan kalium atau potassium di dalam kurma mampu memelihara kesehatan sistem saraf pusat tubuh.
Hasil riset menyarankan untuk mengonsumsi lebih dari 400mg potassium setiap hari bisa mengurangi risiko terkena stroke hingga 40%.


Kurma juga ternyata jadi obat mujarab untuk menanggulangi masalah kecanduan alkohol dan membersihkan racun di organ hati berkat kandungan phenol yang padat dan berfungsi sebagai antioksidan. Meningkatkan stamina tertentu jadi salah satu khasiat kurma yang banyak dikenal.


Kurma ternyata bisa bermanfaat untuk pertumbuhan tulang (karena kandungan kalsiumnya) dan penyakit berat seperti jantung, kanker dan darah tinggi. Nah, sudah siap berlebaran dengan hidangan kurma?


   =================================================================


Menurut ahli gizi IPB, Dr Hardinsyah MS, Direktur Klinik Konsultasi Gizi dan Klub Diet IPB, buah kurma mengandung zat gizi yang nyaris lengkap dengan komposisi yang seimbang, meskipun dalam jumlah yang serba sedikit.

Kurma Segar (Kurma Basah)
Kurma segar mengandung kadar air dan vitamin yang lebih banyak tetapi rendah kandungan energi siap pakainya. Kandungan gula pada kurma ini mudah dicerna oleh tubuh.

Banyak manfaat kurma basah, antara lain; dapat mengontrol laju gerak rahim, menambah masa systole (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi), mencegah terjadi pendarahan pada perempuan ketika melahirkan serta mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran.

Kurma Kering
Kurma yang tidak segar (kering) tinggi akan kandungan energi siap pakai namun kandungan air dan beberapa vitamin lebih rendah, bahkan kandungan vitamin C-nya hilang. Kurma Kering berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.

Kandungan Kurma
Umumnya buah Kurma mengandung zat-zat berikut Gula (campuran glukosa, sukrosa, dan fruktosa), protein, lemak, serat, vitamin A, B1, B2, B3, potasium, kalsium, besi, klorin, tembaga, magnesium, sulfur, fosfor, dan beberapa enzim.

Manfaat  Kurma, Sebagai bahan makanan :

Selain dimakan langsung, dikeringkan, juga digunakan sebagai bahan tambahan pada roti, coklat, sereal, penganan ringan, dan lain-lain.

Manfaat Kurma sebagai Obat :
1.     Buah kurma dapat mencegah stroke.
2.     Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.
3.     Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.
4.     Buah kurma, baik kering maupun basah dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.
5.     Kurma mengandung potasium yang tinggi. Potasium bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, untuk terapi darah tinggi, serta membersihkan karbon dioksida dalam darah. Potasium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul syaraf.
6.     Mengkonsumsi 100 gram kurma, dapat menurunkan kadar kolesterol darah dengan menghambat penyerapan lemak atau kolesterol dalam usus besar sehingga kadar kolesterol dalam darah menurun.
7.     Berbagai mineral yang diperoleh dari kurma bermanfaat untuk mengoptimalkan kandungan elektrolit dalam cairan tubuh.
8.     Mengandung zat tannin yang tinggi yang dapat digunakan untuk anti-diare, anti-hemostatis, dan anti-hemoroid
9.     Obat flu, radang tenggorokan.
10.                        Mengatasi mabuk
11.                        Meningkatkan thrombosit pada penderita demam berdarah

Tips Bagi Penderita Demam Berdarah :
Untuk yang telah positif terjangkit DBD, Anda bisa mengobatinya dengan membuatkan Jus Kurma. Caranya : Ambil 500 gram kurma, buang bijinya lalu diblender dengan 5 gelas air sampai lembut. Minumkan pada penderita setiap jam, satu gelas sampai habis.

sumber: conectique.com

 
KHASIAT BUAH KURMA MATANG DAN KURMA MUDA 

Kurma mengandung asa salisilat yang biasanya digunakan sebagai bahan baku aspirin. Asam salisilat bersifat mencegah pembekuan darah, antiinflamasi (radang), dan menghilangkan rasa ngilu ataupun nyeri. Selain itu, asam salisilat dapat mengendalikan hipertensi dengan mengatur kadar prostaglandin yang turut berperan dalam proses tekanan darah. Asam salisilat juga dapat memengaruhi produksi hormone prostat yang masuk ke dalam kelompok asam lemak hidroksida untuk merangsang kontraksi otot dan menurunkan tekanan darah.

Kandungan asam salisilat dalam kurma belum terbukti dapat menyamai aspirin dengan dosis biasa, tetapi mengonsumsi kurma secara teratur dalam jumlah cukup diharapkan dapat berperan dalam mencegah stroke dan serangan jantung. Dalam jangka panjang, konsumsi makanan yang mengandung asam salisilat tinggi seperti kurma diharapkan memberikan fungsi yang kurang lebih sama dengan aspirin terhadap pencegahan stroke dan serangan jantung.


A. Mencegah Perdarahan Rahim  Kurma mengandung asam nikotinat dan hormone potuchsin.

Kekurangan asam nikotinat atau vitamin B3 ini dapat menyebabkan penyakit pellagra, yakni terganggunya penyerapan triptofan di usus dan ginjal. Untuk mencegah timbulnya gejala-gejala, penderita memerlukan niasin dosis tinggi. Gejala penyakit ini adalah gangguan pencernaan, seperti mual, hilangnya nafsu makan, serta diare yang berbau busuk dan kadang-kadang berdarah. Seluruh saluran pencernaan dapat terkena, misalnya lambung tidak mampu mengahasilkan cukup asam (aklorhidria) dan mulut mengalami peradangan yang kemudian warnanya berubah menjadi merah tua terang. Pada akhirnya, terjadi perubahan mental, berupa kelelahan, insomnia (sulit tidur), dan apatis. Adapun hormone potuchsin berperan untuk mencegah perdarahan rahim melalui efek penciutan pembuluh darah.
Kurma mempunyai manfaat lain, yaitu mengurangi ketegangan mental, hysteria, dan insomnia. Efek tersebut sangat berguna bagi ibu hamil agar tetap rileks dan tengan menghadapi kehamilannya sehingga mengurangi risiko terjadi perdarahan rahim. Namun, penderita diabetes mellitus tidak boleh banyak mengonsumsi kurma. Kandungan gula monosakarida yang cukup tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

B. Otak Encer Selama Berpuasa

Kurma mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya zat besi, magnesium, dan kalium. Zat besi sangat penting untuk mencegah anemia. Gejala anemia adalah mudah lelah, pusing, pandangan berkunang-kunang, dan susah berkonsentrasi. Magnesium dapat membant fungsi saraf dan otot, termasuk pengaturan irama jantung agar tetap normal. Pada 100 g kurma terdapat sekitar 34 mg magnesium. Kalium diperlukan untuk mengubah glukosa menjadi glikogen sebagai sumber energy. Kalium membantu proses penyimpanan karbohidrat yang diperlukan otot sebagai bahan bakarnya. Mineral juga mempunyai peranan penting dalam membantu kinerja sistem dan impuls saraf pencernaan dan kontraksi otot. Jumlah kalium yang cukup dapat memompa kelebihan natrium dalam sistem kerja kardiovaskuler sehingga dapat berjalan normal. Kekurangan kalium dapat menimbulkan keluhan padatulang dan otot serta dapat mengakibatkan amnesia temporer diikti rasa cemas dan bingung. Jumlah kalium dalam kurma sangat signifikan. Dalam100 g kurma terkandung 666 mg kalium. Adapun jumlah natrium hanya 1 mg. Dengan demikian rasio kalium terhadap natrium adalah 666:1.
Otak sangat sensitif terhadap perubahan kadar natrium dalam darah. Gejala awal adanya perubahan kadar natrium adalah menurunnya kesadaran, seperti tidur dapat dibangunkan sebentar, tetapi segera tertidur kembali. Sejalan dengan semakin buruknya hiponatremia (kekurangan natrium), otot menjadi kaku dan dapat mengakibatkan kejang. Kadar natrium yang tinggi menyebabkan orang merasa tidak haus meskipun seharusnya dia haus.
Bahan pangan dikatakan sehat untuk jantung dan pembuluh darah bila rasio kalium terhadap natrium minimal 5 : 1. Kalium diketahui bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, tetapi darah tinggi, membersihkan karbondioksida di dalam darah, serta memic kerja otot dan simpul saraf.

Kandungan kalium yang tinggi akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh. Dengan demikian, konsumsi kurma yang kaya kalium akan membuat otak tetap encer saat berpuasa membuat otak tetap encer saat berpuasa dan tubuh selalu dalam keadaan bugar. Anggapan bahwa berpuasa membuat malas dan lemas harus segera dikikis dengan memperbanyak konsumi kurma.

C. Kandungan Kalium dan Pencegahan Stroke

Kalium yang banyak terkandung dalam kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah karena berfungsi untuk menstabilkan denyut jantung, mengakifkan kontraksi otot-otot jantung, sekaligus mengatur tekanan darah. Oleh karena itu, kalium bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke. Makanan yang sarat kalium, yaitu minimal 400 mg per 100 g, dapat mengurangi risiko stroke. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi membuktikan bahwa kalium dapat menurunkan risiko sengarangan stroke.

Penelitian-penelitian tersebut sudah berhasil membuktikan bahwa kalium yang terkandung dalam kurma dapat menurunkan risiko serangan stroke. Penelitian tersebut antara lain sebagai berikut.

Penelitian terhadap pola makan 859 responden usia 50 tahu ke atas yang dilakukan di California Utara, Amerika Serikat. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kalium lebih banyak (meskipun hanya dengan perbedaan konsentrasi yang kecil) memiliki risiko terkena penyakit stroke 12 tahun lebih rendah. Sebaliknya, orang yang konsumsi kaliumnya rendah memiliki risiko terserang stroke lebih tinggi, dengan peluang meninggal sekitar 2,6 kali pada lelaki dan 4,8 kali pada wanita. Para peneliti tersebut akhirnya berkesimpulan bahwa dengan mengonsumsi satu jenis tambahan makanan kaya kalium (dengan hitungan minimal 400 mg per hari), misalnya kurma sebanyak 5 butir), risiko fatal akibat stroke dapat turun hingga 40%.

Selain itu, dalam penelitian yang pernah dilakukan di California Utara, Amerika Serikat, diketahui bahwa perbedaan kecil konsentrasi kalium pada pola makanan dapat menurunkan usia risiko terkena stroke hingga 12 tahun kemudian.

Penelitian lain juga menyatakan bahwa seseorang dengan asupan kalium mencapai 3.500 g setiap hari memiliki risiko rendah untuk meninggal akibat penyakit stroke. Sebaliknya, orang yang secara teratur mengonsumsi kalium paling rendah (kurang dari 1.950 g perhari0 memiliki risiko terserang stroke yang lebih besar.

Seorang pakar hipertensi dari Universitas di Minnesota, Amerika, yakni dr. Louis Tobian mengatakan bahwa makanan tinggi kalium dapat menstabilkan tekanan darah yang akan mencegah risiko stroke. Secara teoritis, ia menerangkan bahwa kalium berperan dalam menjaga dinding pembuluh arteri agar tetap elastic dan mengoptimalkan fungsinya sehingga tak mudah rusak akibat tekanan darah yang tinggi. Dengan menurunnya risiko stroke, aktivitas kalium juga akan berperan dalam pencegahan penyakit jantung yang pada dasarnya berhubungan dengan optimalitas fungsi pembuluh darah.

Kandungan asam salisilat dalam kurma juga turut membantu stabilitas pembuluh darah. Fungsi asam salisilat hampir sama dengan efek yang ditimbulkan aspirin atau jenis obat peredam nyeri yang banyak digunakan penderita stroke. Fungsi aspirin dalam mencegah pembekuan darah dan mengendalikan hipertensi berpengaruh bagi kadar prostaglandin yang turut berperan dalam proses tekanan darah. Mengonsumsi kurma secara teratur sudah terbukti dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Berdasarkan hal ini, para ahli menyimpulkan bahwa dosis rendah dalam konsumsi makanan yang mengandung asam salisilat tinggi seperti kurma juga akan memberikan fungsi yang kurang lebih sama dengan aspirin terhadap pencegahan stroke.

D. Manfaat Lain Kurma

Di pasaran, terdapat 26 jenis kurma. Jenis ajwah merupakan kurma yang paling mahal karena kepopulerannya. Meskipun belum memiliki data ilmiah yang pasti, kurma ajwah dipercaya dapat berfungsi sebagai obat dan penangkal racun yang baik. Kurma ambar juga sangat popular sebagai makanan kesukaan nabi. Selain itu, terdapat pula kurma jenis sukari. Kurma jenis ini berukuran besar dan berwarna cokelat terang. Kurma sukari diyakini dapat menambah tenaga, khususnya bagi laki-laki. Untuk perempuan, terdapat kurma lubanah yang berarti kurma susu. Kurma jenis ini berukuran kecil dan agak keras. Oleh karena itu, sebelum dimakan, kurma ini harus direbs dahulu. Kurma lubanah diyakini sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui, yakni untuk menambah air susu ibu (ASI). Meskipun belum memiliki bukti ilmiah yang cukup, sebagian masyarakat percaya bahwa setiap kurma mempunyai khasiat masing-masing. Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk membeli kurma jenis tertentu karena yakin terhadap khasiatnya.

Dalam penyajiannya, terdapat kuram yang dimakan dalam keadaan segar dan ada pula yang dimakan setelah mengalami proses pengeringan. Kurma juga memiliki pengaruh penting bagi pembentukan sebagian enzim vital pada kerja organ pernapasan, yakni dalam meregang dan mengerutnya otot serta menyeimbangkan zat asam. Zat magnesium dalam kurma juga dapat menghambat proses penuaan. Biji kurma mengandung fito hormone dan zat antipenuaan. Hormone tersebut memiliki peran yang penting dalam proses penuaan kulit.
Sebanyak 10 orang wanita berusia 46 -50 tahun berperan dalam penelitan. Dengan mengoleskan krim dengan formula yang mengandung 5% biji kurma dan placebo di sekitar mata seari 2 kali selama 5 minggu, keriput di permukaan wajah dapat dikurangi hingg 27 %. Kedalaman keriput pun dapat dikurangi hingga 8,52%.

Kurma mentah atau ruthab, yakni kurma mengkal atau setengah matang di pohon, memiliki kandungan hormone bitosin. Hormone ini berperan khusus untuk kerja gerak peristaltic dalam jaringan darah dan rahim. Oleh karena itu, kurma dipercaya bisa membantu menghindari terjadinya perdarahan rahim. Kurma mengandung hormone yang mirip hormone oksitosin, yakni hormone yang dihasilkan oleh neurohipofisa. Hormone tersebut bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama berhubungan intim dan membantu proses kelahiran. Hormone oksitosin tersebut akan menyatu dengan reseptornya untuk memulai kontraksi otot yang teratur secara bertahap sehingga menyebabkan perluasan leher rahim, dari situ akan terjadi proses kelahiran.


Hormon oksitosin dialirkan melalui darah menuju payudara. Hormone tersebut akan merangsang otot-otot yang mengelilingi pabrik ASI untuk berkontraksi sehingga ASI diperas keluar menuju saluran ASI. Selain daging buahnya, biji kurma mentah ini juga bermanfaat, dalam pengobatan Hemeopathy, yakni pengobatan tanpa menggunakan bahan kimia, biji kurma sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, antara lain penyakit hati dan batu ginjal. Biji kurman mentah dihaluskan atau dijadikan serbuk seperti teh, direndam lalu diminum. Biji kurma dapat pula diekstrak menjadi minyak yang dapat digunakan untuk produk kecantikan atau kosmetik. Selain itu, biji kurma juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak yakni dengan cara direndam dan digiling. Biji-biji kurma dapat diolah menjadi tepung dengan kandungan antioksidan yang tinggi dibanding buahnya. Tepung biji kurma dapat digunakan sebagai campuran pembuatan biscuit, cake atau roti. Biji kurma yang disangrai dan digiling halus dapat digunakan sebagai campuran kopi sebagai bahan tambahan. Kandungan antioksidan dalam biji kurma lebih tinggi dibandingkan buahnya. Kandungan antioksidan pada biji kurma varietas mabseel, um sllah dan shahal berjumlah 580-929 (TE)/g sedangkan pada daging buah berjumlah 146-162 (TE)/g. Kandungan total fenolik berjumlah 3102-4430 GA/100 gram dan dalam daging buah berjumlah 186-246 GA/100 g. adapun kandungan serat pangannya berjumlah 77,75-89,15 g/100 g sedangkan dalam daging buah berjumlah 5,94-8,46 g/100 g.

Tabel Kandungan Kimia Biji Kurma Kultivar Deglet Nour dan Allig Asal Tunisia
Parameter
Deglet nour
Allig
Kadar air g/100 g
9,4 ± 0,18
91,4 ± 0,09
Lemak g/100 g
10,19 ± 0,11
12,67 ± 0,26
Protein g/100 g
5,56 ± 0,02
5,1 ± 0,78
Abu g/100 g
1,15 ± 0,02
1,12 ± 0,05
Potassium mg/100 g
229 ± 9,57
293 ± 21,43
Magnesium mg/100 g
51,7 ± 2,40
58,4 ± 1,33
Calcium mg/100 g
38,6 ± 1,84
28,9 ± 0,39
Phosphorous mg/100 g
68,3 ± 1,84
83,66 ± 2,44
Sodium mg/100 g
10,4 ± 0,60
10,25 ± 0,57
Besi mg/100 g
2,3 ± 0,21
2,21 ± 0,26
Total karbohidrat g/100 g
6313 ± 0,33
81,0 ± 0,91
Sumber : Besbes et al,2004
Tabel Kandungan Kimia Tepung Biji Kurma Sangria
Parameter
Hasil penelitian
Komersial
Gula reduksi g/100 g
1,09
Gula non reduksi g/100 g
1,84
Gula total g/100 g
2,93
Air g/100 g
1,66
Protein g/100 g
6,90
7,17-9
Lemak g/100 g
7,95
6,8-9,32
Abu g/100 g
0,96
Karbohidrat g/100 g
61,90
65,5
Serat kasar g/100 g
21,00
6,4-13,6
Mineral
0,89-1,57
Sodium mg/100 g
165,0
Potassium mg/100 g
2540,90
Calcium mg/100 g
191,76
Besi mg/100 g
21,33
Copper mg/100 g
5,33
Magnesium mg/100 g
789,48
Zinc mg/100 g
6,19
Manganese mg/100 g
1,53
Phosphorus mg/100 g
1300
Lead mg/100 g
<0 br="br"> Cadminum mg/100 g
<0 br="br"> Chromium mg/100 g
<0 br="br">
Asam lemak
Capric g/100 g
0,35
Lauric g/100 g
38,81
8
Pentadecanoic g/100 g
0,043
Palmitic g/100 g
15,09
25
Oleic g/100 g
36,51
10
Stearic g/100 g
9,20
10
Myrietic
4
Table : Kandungan Asam Lemak Pada Minyak Biji Kurma (G/100 G)
Parameter
Deglet nour
Allig
Cupric
0,80 ± 0,13
0,07 ± 0,0
Lauric
17,8 ± 0,80
5,81 ± 0,25
Myristic
9,84 ± 0,09
3,12 ± 0,0,06
Myristoleic
0,09 ± 0,15
0,04 ± 0,03
Palmitic
10,9 ± 0,17
15,0 ± 210,31
Palmitoleic
0,11 ± 0,19
1,42 ± 0,01
Stearic
5,67 ± 0,20
3,00 ± 0,03
Aloeic
41,3 ± 0,76
47,7 ± 1,11
Linoleic
12,2 ± 0,5
21,0 ± 0,29
Linolenic
1,68 ± 0,5
0,81 ± 0,38
Safa (Saturated fatty acid)
44,30 ± 0,96
27,0 ± 0,66
Mufa (Monounsaturated fatty acid)
41,45 ± 1,10
49,200 ± 1,15
Pufa (Poly ansaturated fatty acid)
14,0 ± 1,62
21,8 ± 0,68

Sumber : Besbes S. at al, 2004

Buah kurma mentah atau muda ini sebenarnya cukup banyak tersedia di Mekkah atau Madinah. Namun, akan sulit diperoleh jika permintaan pasar cukup tinggi. Biasanya, kurma muda hanya dijual di pasar tradisional atau masjid tempat miqat. Di Madinah barang yang diyakini bisa menyembuhkan penyakit ini dapat diperoleh di Masjid Quba sekitar 10 km dari Masjid Nabawi. Kurma muda dikenal oleh masyarakat Timur Tengah secara turun temurun bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Di Indonesia, sudah banyak pula yang membuktikan hal tersebut dan berhasil mempunyai anak setelah lama menanti kehadirannya. Di Indonesia produk ini masih jarang, untuk mendapatkannya seseorang biasa menitipkan kepada kerabat yang berangkat haji atau umroh. Kini bubuk kurma muda telah diproduksi, penggunaannya diseduh dengan air dan dicampur dengan madu.

Kurma banyak mengandung serat yang sangat baik untuk usus, fungsi serat adalah mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar. Hasil penelitian menemukan bahwa serat makanan banyak memiliki manfaat antara kaib mencegah dan menyembuhkan kanker usus besar dan luka serta benjolan dalam usus. Serta juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah, serat makanan yang dimaksud ini termasuk golongan karbohidrat yang terdiri atas selulosa, hemiselulosa, pectin dan gum. Kanker usus besar disebabkan karena kontak sel-sel mukosa usus besar dengan zat karsinogen terutama dengan konsentrasi senyawa karsinogen yang tinggi dalam waktu yang lama. Senyawa karsinogen berasal dari makanan yang mengandung precursor. Dalam sistem pencernaan, senyawa precursor dapat diubah menjadi senyawa karsinogen oleh enzim pencernaan dan aktifitas flora usus. Kontak senyawa karsinogen dengan sel usus dapa mengubah sel-sel usus menjadi sel-sel kanker. Bila jarang mengonsumsi makanan yang berserat, feses yang terbentuk kecil dan bertekstur keras. Bentuk feses semacam ini menyebabkan konsentrasi zat karsinogen yang mungkin ada didalamnya pekat sedangkan bentuk feses kecil dan keras menyebabkan transit makanan, sejak dimakan sampai menjadi feses menjadi lama. Akibatnya akan terjadi kontak antara zat karsinogen dalam konsentrasi tinggi dan dinding usus besar dalam waktu yang lama. Proses ini dapat menyebabkan terbentuknya sel-sel kanker. Serat makanan mempunyai daya serap air yang tinggi. Adanya serat makanan dalam feses menyebabkan feses dapat menyerap air yang banyak sehingga volumenya menjadi besar dan teksturnya lunak. Adanya volume besar akan mempercepat kontraksi usus untuk lebih cepat mengeluarkan feses.
Sementara itu, kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi dan banyak mengandung potassium baik untuk sistem saraf. Kurma tidak hanya dapat dimakan secara langsung tetapi dapat pula diolah menjadi berbagai macam bentuk seperti selai, campuran kue, masakan dan minuman. Agar tidak membosankan, variasikan olohan kurma dengan kacang tanah, kacang almond atau kacang mete.

E. Khasiat lain kurma untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Jika dimakan tanpa membuang kulitnya, kurma dapat melancarkan pencernaan dan mencgah peradangan usus.

2. Bagi ibu yang sedang menyusui, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma dapat menambah kuantitas air susu. Kurma pun berperan dalam pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui. Konon, bayi yang disusui ibu yang rajin mengonsumsi kurma akan tumbuh menjadi anak yang cerdas

3. Kurma dipercaya membri tambahan tenaga untuk ibu hamil, bahkan menurut hasil penelitian, jus kurma dapat memperkuat urat-urat rahim sehingga proses melahirkan lebih mudah. Kurma juga mengurangi pendarahan ketika melahirkan serta menguatkan organ rahim.

4. Kurma dapat membantu pertumbuhan tulang karena mengandung kalsium, fosfor dan magnesium yang sangat diperlukan untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat dan menghambat osteoporosis.

5. Kurma dapat mengatasi rematik karena kandungan kalium dan asam salisilat yang ada didalamnya dapat mengurangi rasa nyeri akibat reumatik.
6. Kurma sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stress dan pegal.

7. Kurma membantu menguatkan daya ingat

8. Perempuan Arab percaya kurma dapat menghaluskan kulit. Kandungan vitamin A yang disebut juga sebagai vitamin kulit dalam kurma berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan membrane kulit tetapi kecantikan menggunakan kurma juga dikenal di negara Barat.

9. Kadar kalium yang terdapat dalam kurma dapat mengurangi risiko serangan stroke dan darah tinggi.

10. Bagi penderita batuk, kandungan gula kurma dapat menghilangkan gatal-gatal di kerongkongan sekaligus menghentikan batuk.

11. Asam nikotinat atau vitamin B3 yang terkandung dalam kurma berkhasiat mengurangi penyakit insomnia


12. Karbohidrat yang terkandung dalam kurma cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.

13. Kurma mempunyai andil menghangatkan badan dan meningkatkan daya kerja otak. Kandungan kalium yang tinggi dalam kurma akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.